Sunday, September 26, 2021

Muscab Serentak PKS Kota Tangerang Adakan Webinar UMKM

Tangerang (6/3) – Dalam rangka Musyarawah Cabang PKS serentak se Kota Tangerang VI, DPD PKS Kota Tangerang mengadakan webinar bertema UMKM Sebagai Kunci Kebangkitan Ekonomi Kota Tangerang pada hari Sabtu, 6 Maret 2021, jam 08.00 sampai 12.00 WIB

Webinar ini dihadiri oleh Ketua Bidang Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi, H. Rofik Hananto, S.E. sebagai keynote speaker. Dengan tiga narasumber, yaitu Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Tangerang, Teddy Bayu Putra, S.Sos., M.Si., Ketua DPD PKS Kota Tangerang, Arief Wibowo, S.T., M.M., dan Pegiat UMKM, Sumiyarta, S.Ip.

Dalam kesempatan itu, Ketua MPD PKS Kota Tangerang, Hilmi Fuad, M.Kom. memberikan sambutan tentang UMKM menjadi solusi untuk mengentaskan kemiskinan, meratakan ekonomi masyarakat Kota Tangerang, dan sebagai penyumbang devisa negara.

Selanjutnya pemateri, Ketua DPD PKS Kota Tangerang, Arief Wibowo, S.T. M.M., menyampaikan tiga moment yang sedang terjadi, yaitu, hari lahir Kota Tangerang, pandemi yang sudah berlangsung satu tahun, dan regenerasi struktur partai ditingkat kecamatan.

PKS berniat untuk bersinergi dengan berbagai elemen agar dapat menjawab tantangan pandemi untuk membantu UMKM dengan memberikan solusi berupa pelatihan, pembinaan dan pendampingan UMKM yang sudah dmulai sejak awal pandemi. PKS memiliki mentor-mentor bisnis yang sudah tersertifikasi BNSP dan siap melakukan pendampingan, Arief Wibowo ialah salah satu mentor yang sudah tersertifikasi.

Beberapa hal yang perlu dicatat ialah, pemasaran produk tidak terekspos, digital marketing, pencatatan transaksi uang usaha jangan tercampur dengan uang pribadi, dan manajemen SDM setelah produk berkembang.

Kemudian penjelasan dari H. Sumiyarta, UMKM yang sukses, ialah UMKM yang memahami usaha, SOP, perizinan, serta fokus pada usahanya, mengetahui jalur untuk mengakses pembiayaan dari Pemerintah Kota, serta dapat mengakses produk ke pasar digital.

Teddy Bayu juga menyampaikan pada masa pandemi ada cluster UMKM baru, yaitu cluster ultra mikro yang modal usahanya kurang dari 1 miliar. Jenis usaha terbanyak di Kota Tangerang ialah bidang pangan, dengan persentase mencapai 50%. UMKM di Kecamatan Pinang menduduki peringkat tertinggi, yaitu mencapai 14%.

Usaha yang dilakukan Dinas Perindagkop, yaitu meningkatan daya saing UMKM dengan capacity building, pemberdayaan SDM, akses pembiayaan dari Pemerintah Kota atau CSR, dan kemitraan usaha.

Webinar ini ditutup dengan arahan dari BPJE DPP, yaitu berani memulai dan bergerak hingga Allah yang memudahkan, PKS hadir bukan hanya untuk lipscampaign, tetapi memberikan sedikit harapan bahwa PKS ingin berusaha semaksimal mungkin untuk mensejahterakan rakyat sehingga Indonesia layak menjadi motor kemajuan dunia.

Suci

TULISAN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Stay Connected

4,106FansLike
5,409FollowersFollow
3,004SubscribersSubscribe
- PKS Banten -spot_img

ARTIKEL TERBARU