Wednesday, July 28, 2021

Rakerda PKS Kota Tangerang Dibuka untuk Susun Program Terobosan dan Kolaboratif

Tangerang (18/4) – Rangkaian kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKS Kota Tangerang digelar mulai Ahad, 18 April sampai 2 Mei 2021 dengan mengusung tema “Terus Melayani dan Membela Rakyat”.

Disiarkan langsung dari kantor DPD PKS Kota Tangerang yang berlokasi di Jalan Sudirman Kota Tangerang, Rakerda kali ini dilaksanakan secara hybrid dengan protokol kesehatan yang ketat.

Acara yang digelar sejak pukul 09.00 WIB pagi diawali dengan pemaparan dari Sekertaris DPD PKS Kota Tangerang, Bayu Triatmaja. “Rakerda PKS yang dimulai hari ini sedianya akan dilangsungkan selama dua pekan ke depan. Hal ini merupakan salah bukti keseriusan PKS dalam menghadirkan program-program yang dapat bermanfaat dan tentu saja kita optimis dapat memenangkan PKS di 2024 sehingga dapat melayani dan membela rakyat dengan lebih baik”, ungkapnya penuh semangat.

Acara disusul dengan arahan dari Ketua DPW PKS Banten, Ir. H. Gembong R. Sumedi, MM yang menyampaikan bahwa agenda utama Rakerda adalah menajamkan program-program yang telah dihasilkan oleh Rakerwil.

Beliau menyampaikan, “DPW memiliki program-program unggulan berupa Gerakan Bersama Rekrutmen Anggota dan Kader (GEBRAK) serta. Silaturahmi dan Administrasi Pemilih PKS (SIAPKS). “Melalui program GEBRAK, DPW PKS Banten menyematkan target 160.000 anggota baru. Sementara untuk Kota Tangerang target terukur yang harus dicapai adalah dengan tercetaknya 27.000 lembar Kartu Anggota (KTA). Tak hanya itu saja, DPW juga menargetkan enam orang kader PKS dapat menjadi anggota DPR RI, empat kursi DPRD Propinsi untuk Dapil Kota Tangerang A dan B, 11 kursi DPRD Kota Tangerang serta Menang Pilkada di Kota Tangerang”, tutur Gembong

Menyambung arahan yang disampaikan oleh Gembong, Ketua DPD PKS Kota Tangerang, Arief Wibowo ST.MM menegaskan kembali bahwa kejayaan takkan tercipta dalam kenyamanan. Karenanya, setiap kader PKS harus siap dan rela untuk meninggalkan zona nyaman.

“Jamak kita mengetahui, bahwa kesolidan partai ini adalah modal awal yang tak dimiliki oleh partai lain”, ungkapnya mengawali. “Namun solid saja takkan cukup. Kita perlu sebuah breakthrough agar 2024 kita mampu menjadi partai pemenang. Sejarah telah mencatatkan bahwa kemenangan tak cukup diraih dengan kerja-kerja yang biasa. Tengoklah sejarah Muhammad Al Fatih, yang pasukannya menaklukkan Konstantinopel. Mereka tak menyebrangkan kapalnya di lautan, namun mereka memindahkan kapal yang demikian besarnya melalui daratan”, kata Arief berapi-api.

Ada 3 kata kunci dalam penyusunan program di Rakerda kali ini, yaitu Terobosan, Komitmen dan Kolaborasi. Kata kunci Terobosan berarti Kita harus menciptakan mindset kita sebagai pemimpin yang melayani masyarakat di segenap tingkatannya sehingga setiap kader akan memiliki pengaruh karena kemanfaatannya kendati tidak menyandang status sebagai pemimpin formal. Berikutnya adalah berinovasi dalam program-program yang dilahirkan, menggunakan pendekatan dan cara-cara baru yang sejalan dengan tujuan untuk melipatgandakan kursi dan anggota. Komitmen berarti keteguhan untuk melaksanakan program yang disusun di Rakerda ini dengan Kerja Ikhlas, Cerdas, Keras dan Tuntas. Kolaborasi berarti bekerjasama dan membangun sinergi baik antar bidang di DPD, DPD dengan struktur DPC maupun dengan seluruh kader. Selain itu kolaborasi juga berarti pimpinan akan mendorong seluruh kader dan Unit Pembinaan Anggota (UPA) untuk bersikap proaktif dalam melakukan inovasi program, melalui penggalian ide-ide kreatif di masing-masing UPA, dilakukan ujicoba pelaksanaan ide-ide baru yang muncul dalam skala kecil, dilakukan proses penyempurnaan melalui umpan balik yang didapatkan, serta jika ide baru tersebut terbukti efektif dalam membantu pencapaian tujuan, maka pimpinan secara terbuka dengan prinsip open door policy siap menerima setiap usulan ide yang sudah diujicobakan tersebut untuk diduplikasi ke seluruh UPA se-Kota Tangerang dengan melibatkan seluruh kader. Dengan hal ini, maka setiap kader dan UPA tidak hanya sekedar menunggu instruksi dan arahan program dari struktur, namun juga berinisiatif untuk membuat terobosan baru dalam mendukung pencapaian target 2024.

Program yang telah disusun selanjutnya harus dapat dikomunikasikan dengan baik ke seluruh stakeholder dengan pendekatan yang dapat memudahkan pihak yang akan dilibatkan dalam program untuk dengan mudah dapat melihat apa manfaat program tersebut, serta manfaat tersebut sangat menarik untuk membuat semua orang tergerak untuk terlibat, cara eksekusi program yang mudah, serta mengkomunikasikan capaian hasil atau manfaat program secara berkala melalui score board atau tampilan capaian program

Arief juga mengingatkan bahwa PKS memiliki tantangan yang harus kita taklukan. Tantangan itu adalah pemilih terdidik yang apatis dan pemilih menengah ke bawah yang pragmatis. Akar dari masalah tersebut adalah persepsi bahwa semua partai sama saja, hanya sekedar mencari suara di setiap momen pemilu. Untuk itu maka seluruh kader dan struktur berkewajiban untuk menjadi Humas PKS dalam mensyi’arkan kiprah PKS baik di tingkat pusat maupun daerah dalam melayani dan membela kepentingan rakyat, khususnya sebagai partai yang mengambil posisi di luar pemerintahan, sebagai partai oposisi penyeimbang pemerintahan. Ada begitu banyak kiprah perjuangan PKS dan program pelayanan serta pembelaan rakyat yang sudah digulirkan, namun mungkin belum banyak masyarakat yang tahu, karena informasi terkait hal ini tidak mereka terima. Oleh karena itu seluruh kader diinstruksikan untuk mengikuti kanal-kanal informasi kehumasan struktur untuk selanjutnya mendistribusikan informasi yang diterima kepada seluruh masyarakat.

Terakhir, Arief mengucap basmalah sebagai pertanda Rakerda PKS Kota Tangerang resmi dimulai.

(fr/aw)

TULISAN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Stay Connected

4,106FansLike
5,392FollowersFollow
2,464SubscribersSubscribe
- PKS Banten -spot_img

ARTIKEL TERBARU