Wednesday, July 28, 2021

Semerbak Sajak W.S Rendra di Rakerwil PKS Banten

Ya, Allah.

Di dalam masa yang sulit ini,

di dalam ketenangan

yang beku dan tegang,

di dalam kejenuhan

yang bisa meledak menjadi keedanan,

aku merasa ada muslihat

yang tak jelas juntrungannya.

Penggalan puisi tersebut merupakan kumpulan puisi “Doa untuk Anak Cucu” karya W.S Rendra yang dibacakan secara bergiliran dalam acara Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Banten, Ahad (11/04/2021).

Pembaca pertama kumpulan puisi yang diterbitkan oleh penerbit Benteng tahun 2014 ini adalah Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Provinsi Banten, Gembong R. Sumedi.

Dan dilanjutkan secara bergiliran oleh pengurus Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah (DPTW) Banten lainnya.

Saat pembacaan bait-bait sajak tersebut, Ruangan Ballroom Hotel Horison Kota Serang, Banten yang terasa dingin dengan AC (air conditoner) mendadak menjadi hening.

Dengan diiringi musik menyayat hati, peserta seperti sedang meresapi bait-bait doa yang dituliskan oleh Almarhum W.S. Rendra. Meski kumpulan karya puisi ini sudah lama, namun masih sangat relevan dengan kondisi sekarang.

Tampaknya, diksi dalam sajak ini adalah kumpulan doa-doa, doa dari orang-orang yang teraniaya, doa orang-orang yang tersingkirkan oleh keadaan, dan perubahan zaman juga otoriternya kekuasaan.

Yah, entah seperti apa suasana kebatinan Sastrawan ini saat menuliskan bait-bait dalam kumpulan puisi Doa untuk Anak Cucu tersebut, yang jelas sajak-sajak indah W.S Rendra laksana wangi bunga, semerbak harum wanginya seakan memenuhi seisi Ballroom Hotel Horison, pelaksanaan Rakerwil PKS Banten tampak menjadi lebih hikmat dan syahdu.

Tentunya, hasil Rakerwil ini akan menjadi acuan para pengurus dan kader PKS dalam menjalankan program-program pelayanan masyarakat lima tahun kedepan.

Dalam Rakerwil ini pengurus DPW PKS Banten telah menghasilkan tujuh rekomendasi diantaranya, target 160.000 anggota baru, dan perolehan 1.200.000 suara pada pemilu 2024.

“Dengan kerja keras dan menjalankan strategi yang ditetapkan, kami tetap optimis bisa mencapai target yang ditetapkan,” tegas Gembong R. Sumedi.***(cip)

TULISAN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Stay Connected

4,106FansLike
5,392FollowersFollow
2,464SubscribersSubscribe
- PKS Banten -spot_img

ARTIKEL TERBARU