Thursday, October 21, 2021

PKS Lebak Siapkan Pemuda Siap Menikah

 

Lebak (24/9) Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS Lebak mengadakan kajian pra nikah bagi pemuda  yang siap menikah di Kabupaten Lebak, Sabtu, (24/9/2016). Kegiatan yang mengambil tema “Ketika Aku dan Kamu menjadi Kita” ini dihadiri oleh 100 peserta dari berbagai penjuru daerah di Kabupaten Lebak.

Disela-sela kegiatan, Ketua  panitia penyelenggara Anisa Masitoh, mengatakan bahwa kajian ini dimaksudkan untuk memberi bekal kepada pemuda agar mempunyai persiapan dalam menghadapi pernikahan.

“Menikah itu bukan asal jadi, tapi harus mempunyai persiapan dan perencanaan. Siapkan ilmu, amal, mental dan persiapan finansial bagi laki-laki khususnya”, ucapnya.

“Bayangkan jika seorang perempuan tidak mempunyai bekal untuk menikah, maka dia akan kaget, yang mungkin ketika masih belum menikah, masih dengan orang tua, hidupnya enak, tapi ketika menikah tidak sesuai dengan harapannya, maka pernikahan itu akan bermasalah dan bisa berujung pada perceraian” tambahnya.

Sementara  praktisi keluarga yang menjadi pembicara, Zaenal Mutaqqin mengatakan, langkah  pertama yang harus dipersiapakan adalah Persiapan Ruhiyah menurutnya ini adalah persoalan paling mendasar. Segala persiapan lainnya berpijak pada yang satu ini. Persiapan Ruhiyah (Spiritual) ada pada soal menata diri menerima ujian & tanggungjawab hidup nan lebih berlipat, Ujarnya

Selain itu  kata Zaenal  dalam Persiapan Ruhiyah terkait adalah kemampuan mengelola sabar  dan syukur  menghadapi tantangan-tantangan dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Sabar dan syukur itu semisal tentang pasangan, bahwa tak ada yang sempurna. Setiap orang memiliki lebih dan  kurangnya. Ujar Zaenal.

Dalam kesempatan lain, Niken (23 Tahun) salah satu peserta merasa sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini. “Semoga saya dapat mempraktekkan ilmu yang saya dapat” ucapnya singkat.

Kajian pra nikah yang diprakarsai oleh Biro Ketahanan Keluarga BPKK PKS Lebak ini, diisi oleh praktisi keluarga, Dr. Edi Syukur dari Jakarta dan Zaenal Muttaqin dari Nurul Fikri Serang.

TULISAN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Stay Connected

4,106FansLike
5,416FollowersFollow
3,004SubscribersSubscribe
- PKS Banten -spot_img

ARTIKEL TERBARU