Sunday, June 20, 2021

Pemprov Banten Harus Antisipasi Dampak Pelimpahan Wewenang SMA/SMK.

Serang, (24/01/2017)-Wakil Ketua Fraksi PKS Banten Najib Hamas mengatakan Pemprov Banten Harus  mengantisipasi dampak dari pelimpahan wewenang  SMA/SMK  kepada Provinsi Banten. Pelimpahan tersebut  terdapat 11 kewenangan kabupaten dan kota yang rencananya dilimpahkan ke provinsi Salah satunya adalah pengelolaan SMA dan SMK. Pelimpahan kewenangan ini merupakan amanat dari undang-undang nomor 23 tahun 2015 tentang pemerintahan.

Yang perlu dilakukan oleh pemprov adalah bagaimana para pendidik di Banten tidak merasa dirugikan dengan adanya kebijakan tersebut. Di Banten timur terutama Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan sebelum ada kebijakan pengalihan ini, secara Pendapatan mereka  tentu lebih besar  karena PAD kedua  Kota tersebut memang lebih besar jika dibanding dengan Kabupaten ataupun Kota lainnya.

Sementara Untuk Wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang mungkin kebijakan pengalihan SMA/SMK  menjadi wewenang Provinsi  justru akan sangat menguntungkan mereka. Mengapa demikian, karena PAD kedua Kabupten tersebut memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan pendapatan Kota  lainnya. Ujar anggota Komisi IV DPRD Provinsi Banten, Selasa, 24/1/2017

Selain itu kata Najib,  pelimpahan tugas pembinaan bidang pendidikan SMA/SMK kepada provinsi  tentu cukup berdampak pada rancangan APBD seperti: meningkatnya belanja pegawai, bantuan operasional sekolah menengah swasta dan belanja program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan. Pemprov banten perlu membuat langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi dampak tersebut.

Akibat dari pelimpahan wewenang seluruh SMA dan SMK di kabupaten dan kota, Pemprov Banten tiap tahunnya harus menganggarkan sekitar Rp1,2 triliun untuk belanja pegawai dan belanja langsung.

Dalam hal ini Pemprov Banten perlu mempersiapkan anggar pada APBD semua harus diperhitungkan dengan baik oleh Pemerintah Provinsi Banten, jadi secara keuangan Pemprov harus  siap untuk melakukan pelimpahan kewenangan ini,” tutupnya (HumasPKSBanten).

 

TULISAN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Stay Connected

4,106FansLike
5,385FollowersFollow
2,464SubscribersSubscribe
- PKS Banten -spot_img

ARTIKEL TERBARU