Tuesday, June 15, 2021

PKS Gelar Diskusi Publik tentang Kemoderatan Partai Dakwah

Jakarta (7/12) – Dewan Syariah Pusat Partai Keadilan Sejahtera menggelar diskusi publik dengan tajuk “Penguatan Orientasi Fiqh dan Wasathy” di Gedung DPP PKS, Jakarta Selatan, Sabtu (7/12/2019)

Ketua Dewan Syariah Pusat PKS KH Surahman Hidayat menyebutkan bahwa agenda tersebut selain sebagai sarana silaturahim dengan para pakar dan ulama, juga sarana silatul fikr atau tukar pikiran.

“Selain sebagai sarana silaturahim dan silatul fikr, juga istifadah dari para pakar, ulama, bagaimana menguatkan iltizam komitmen kita di PKS sebagai partai dakwah. Iltizam dengan fiqih wasathiy (bersifat pertengahan.red),” kata Surahman.

Wasathiyah, menurut dia, adalah keniscayaan. “Dalam tanda kutip, kita sudah mengi’lankan sebagai partai dakwah. Dan dakwah itu keharusannya ada dua syarat.”

Pertama, kata dia, dakwah harus dilakukan secara berjamaah atau terorganisasi. “Yang kedua harus memiliki kerangka pemahaman tentang Islam yang wasathiy,” ungkap dia.

Diskusi tersebut dihadiri oleh Ketua Majelis Syura PKS Habib Salim Segaf Aljufrie, tokoh muda Nahdlatul Ulama KH Idrus Ramli, Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Prof Muhammad Amin Suma, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Prof Syamsul Anwar dan ulama lainnya.

TULISAN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Stay Connected

4,106FansLike
5,383FollowersFollow
2,464SubscribersSubscribe
- PKS Banten -spot_img

ARTIKEL TERBARU