Kabar Wilayah

Pemulihan Paska Banjir, PKS Banten Buka Posko Induk di Lebak

Lebak  – Untuk membantu pemulihan paska banjir bandang di beberapa kecamatan di Lebak, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Banten membuka Posko Induk Penanggulangan Bencana yang berlokasi di Jalan Raya Cipanas Bogor, Desa Bintangresmi, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten.

Menurut Ketua DPW PKS Banten Sanuji Pentamarta, posko induk yang letaknya tepat ditengah beberapa kecamatan terdampak tersebut sebagai tempat distribusi bantuan. “Posko ini kita jadikan juga gudang logistik bantuan untuk warga Lebak,” kata Sanuji saat berada di posko induk tersebut, Kamis (9/1/2020).

“Posko induk juga bisa dipakai oleh masyarakat untuk menyalurkan bantuan melalui PKS,” sambung Sanuji.

Dia juga menyampaikan, PKS Banten akan memprioritaskan bantuan berupa makanan siap saji. Agar masyarakat didaerah bencana dan pengungsian tidak kelaparan.

“Pertama, kita ingin memastikan warga tidak kekurangan makan. Untuk itu kita juga menyiapkan dapur umum,” ujar Sanuji.

Lebih lanjut menurut Sanuji, PKS Banten juga akan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga terdampak. “Ini sangat penting. Untuk memastikan warga pengungsi dan terdampak, kesehatannya terkendali,” katanya.

Selain itu, Relawan PKS juga akan diturunkan untuk membantu membersihkan rumah warga dan fasilitas umum dari lumpur sisa banjir bandang. Agar bisa beraktifias kembali.

“Terutama sekolah dan masji. Kita ingin memastikan anak-anak bisa sekolah. Jadi proses belajar di sekolah bisa segera berjalan. Dan masjid bisa segera dipakai,” tutur Sanuji.

Sedangkan Ketua Bidang Kepanduan dan Olaharga (BKO) DPW PKS Banten yang Koordinator Relawan PKS Banten, Wiji Susanto menyampaikan bawah Posko Induk akan beroperasi sampai tanggal 15 Januari 2020. “Posko bisa diperpanjang jika kondisi di lapangan masih membutuhkan bantuan,” katanya.

Wiji juga menghimbau kepada pengurus DPD PKS Kabupaten / Kota untuk mengirimkan relawannya ke posko induk.

“Selain distribusi bantuan, kami juga menghimbau kepada DPD PKS Kabupaten / Kota untuk mengirimkan relawan ke posko induk,” tuturnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Back to top button