Sunday, June 20, 2021

Tinjau Lokasi Banjir, Ini Saran Wakil Ketua DPRD untuk Pemkot Tangsel

TANGSEL — Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) harus punya perhatian khusus terhadap daerah yang sering dilanda bajir seperti Perumahan Pondok Maharta dan wilayah Tangsel lainnya.

Demikian dikatakan Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Mustopa, usai meninjau lokasi banjir di Perumahan Pondok Maharta, Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Kota Tangsel, Sabtu (20/2/ 2021) siang.

Politisi PKS ini mengatakan, Pemkot Tangsel harus punya upaya preventif dan kebijakan solutif, agar kedepan tidak terjadi lagi musibah banjir di wilayah yang sering terancam banjir.

Misalnya, Pemkot Tangsel membuat aplikasi yang bisa digunakan warga untuk melapor ke petugas yang berwenang ketika ada hal-hal yang bisa menyebabkan banjir atau bisa untuk mengupdate informasi seputar banjir secara real time berdasarkan level ketinggian dan sebagainya. “Ini sejalan dengan Kota Tangsel sebagai smart city,” ujarnya.

Upaya lain, kata Mustopa yaitu membuat lubang biopori atau sumur resapan tiap RW di perumahan-perumahan yang sering kebanjiran.

“Langkah antisipasi lainnya adalah membuat tandon disekitar perumahan-perumahan untuk menampung air hujan,” jelas dewan dengan Dapil Kecamatan Pondok Aren ini.

Untuk mengatasi masalah banjir ini, tidak bisa hanya mengandalkan pihak Pemkot saja, tapi perlu partisipasi warga dan elemen masyarakat lainnya dalam menanggulangi masalah banjir. “Perlu ada sinergi. Warganya disiplin dalam membuang sampah, dan pihak Pemkot menyiapkan program dan kebijakan dalam penanganan banjir,” imbuhnya.

TULISAN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Stay Connected

4,106FansLike
5,385FollowersFollow
2,464SubscribersSubscribe
- PKS Banten -spot_img

ARTIKEL TERBARU