Nusantara

PKS Gelar Pertunjukan Wayang “Semar Mbangun Kahyangan”

JAKARTA (28/1) — Bidang Seni dan Budaya Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) menggelar pertunjukan wayang kulit di halaman depan gedung DPP PKS, Jln TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (28/1/2017) malam.

Ketua Bidang Seni dan Budaya DPP PKS Muhammad Ridwan mengatakan, lakon yang akan ditampilkan dalam pagelaran kali ini adalah ‘Semar Mbangun Kahyangan’. Lakon ini akan dibawakan oleh dalang asal Solo Ki Sri Kuncoro.

Menurut Ridwan, wayang adalah sebuah sarana dakwah Walisongo terdahulu. PKS, lanjutnya, sebagai partai dakwah ingin mencontoh Walisongo dengan menggunakan wayang sebagai media dakwah kepada masyarakat.

“Kita ingin meniru cara dakwah Walisongo yang tidak menimbulkan gejolak di masyarakat lewat wayang,” papar Ridwan di DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (28/1/2017) malam.

Dia menambahkan, wayang juga bisa memberikan edukasi yang cukup efektif kepada masyarakat. Pendekatan simbol pada wayang diakui Ridwan bisa diterima masyarakat dibanding penyampaian yang lebih bersifat hitam putih. “Wayang bisa menjadi sarana dakwah yang pas di Indonesia,” tutur dia.

Pagelaran wayang di halaman DPP PKS adalah ajang pagelaran wayang pertama kali yang digelar di kantor DPP PKS. Bidang Seni dan Budaya sendiri bukan sekali ini mengadakan pagelaran wayang. Sebelumnya di Yogyakarta, PKS menggelar sarasehan wayang dan pertunjukan Wayang Dakwah Tiga Jam-an dengan dalang Ki Tarmidzi dari Kroya.

“Banyak kader kita yang punya ketertarikan terhadap wayang. Kita berikan panggung kepada mereka untuk menjadikan ini sarana kebaikan dan pendidikan,” ungkapnya.

Dalang Ki Sri Kuncoro mengapresiasi pegelaran wayang yang digelar PKS. Anggota polisi dari Markas Brimob Kelapa Dua ini mengatakan, PKS selama ini dikenal dan identik dengan gambaran agamis saja. “Namun, ternyata juga sangat peduli dengan budaya,” paparnya sebelum pementasan.

PKS, ujar Ki Sri, juga menyadari jika wayang merupakan prasarana dalam menyebarkan agama Islam. “Wayang sebagai sarana ya bukan bagian agama itu sendiri,” imbuhnya.

Dalam pagelaran wayang di DPP PKS, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid juga akan tampil membawakan macapat. Selain Hidayat, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman juga turut hadir. Selain itu, Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan juga dijadwalkan hadir.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Back to top button