Sunday, August 14, 2022

Bangun Karakter Bangsa, PKS Banten Bekali Anggota dengan Wawasan Kebangsaan

Serang (19/12) — Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Banten membekali anggotanya dengan pendidikan politik dan wawasan kebangsaan agar memiliki nilai-nilai konsensus dasar kebangsaan dan kepartaian.

Ketua DPW PKS Provinsi Banten, Gembong R. Sumedi mengatakan, salah satu tugas partai politik adalah menginisiasi kecerdasan masyarakat melalui pengkaderan yang bertujuan melahirkan insan-insan cerdas berwawasan kebangsaan dan berkarakter.

 

“Ini tanggung jawab moril parpol untuk terlibat dalam membentuk karakter masyarakat, ” kata Gembong usai membuka pelatihan wawasan kebangsaan dan pendidikan politik di salah satu Hotel di sekitar Cikande, Kabupaten Serang, Sabtu (18/12/2021).

Ketua Bidang Kaderisasi DPW PKS Provinsi Banten, A’la Rotbi menjelaskan, acara yang berlangsung selama dua hari tersebut diharapkan dapat mengokohkan komitmen anggota PKS untuk menjadi teladan dalam penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Apalagi nilai-nilai Pancasila sejalan dengan ajaran Islam, ” ujarnya.

Pria yang biasa disapa Ustad Jenggot ini mengungkapkan, para peserta acara ini telah melalui pembinaan panjang sejak PKS berdiri, dan mayoritas dari mereka adalah para pengurus teras di PKS Banten tingkat wilayah atau daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Muhammad Shohibul Iman berbagi pengalaman bagaimana PKS di masa kepemimpinannya menerapkan nilai-nilai konsensus dasar kebangsaan dan kepartaian.

“Kita harus bangga dan tunjukkan kepada masyarakat bahwa anggota PKS berasal dari berbagai latar belakang dan ormas keagamaan, dan ini menggambarkan kebhinekaan rakyat yang ada.”

“Pengurus PKS dan kadernya berasal dari berbagai ormas Islam seperti NU, MA, PUI, Muhammadiyah dan lainnya, juga berasal dari berbagai suku, bahasa bahkan agama sebagai perwujudan bhineka tunggal ika, ” lanjutnya.

Presiden PKS periode 2015 – 2020 ini mengungkapkan, ada salah satu tokoh nasional yang menilai PKS ini sangat Pancasilais dan nasionalis, namun masih banyak masyarakat yang menstigma PKS dengan sebaliknya.

“Hal ini perlu dijawab oleh kader dengan tindakan atau sikap yang nyata dalam pergaulan sehari-hari dan kebijakan politik partai, ” imbuhnya.

Acara yang dimulai sejak Sabtu (18/12) hingga Ahad (19/12) ini diikuti oleh 62 orang kader jenjang utama se-Banten yang baru dilantik dan mendapatkan pembekalan materi tentang wawasan kebangsaan. ***(cip)

TULISAN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Stay Connected

5,448FansLike
883FollowersFollow
5,553FollowersFollow
4,260SubscribersSubscribe
- PKS Banten -spot_img

ARTIKEL TERBARU