Kabar Daerah

Silaturahim Kebangsaan, PKS dan KPUD Kota Tangerang Berkomitmen Mengawal Pemilu Berintegritas, Transparan dan Manusiawi

PKS Kota Tangerang

Tangerang (6/4) — Dewan Pimpinan Tingkat Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPTD PKS) Kota Tangerang hari Selasa, 6 April 2021 melakukan kunjungan ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tangerang yang beralamat di Jalan Nyi Mas Melati.

Pada kesempatan kali ini, Ketua DPD PKS Kota Tangerang Arief Wibowo ST. MM. didampingi oleh hampir seluruh personil DPTD Kota Tangerang, yakni Hilmi Fuad M.Kom, Bayu Triatmaja, dr. Gunadi Sp. An, Luthpi Hidayat M.Pd. dan Saeroji S.Pd.I.

Diterima oleh Ahmad Syailendra, S. Sos dan Pandu selaku Komisaris dan Sekertaris KPUD Kota Tangerang, Arief menuturkan kedatangan PKS merupakan rangkaian dari Silaturrahim Kebangsaan yang bertujuan selain untuk bersilaturahim dalam rangka memperkenalkan jajaran pimpinan DPD PKS Kota Tangerang, juga untuk membangun kesepahaman dalam membangun sinergi mengawal proses demokrasi di Kota Tangerang. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan Surat Keputusan (SK) pengurus yang baru, serta bendera PKS dengan logo yang baru sebagai pengganti bendera dengan logo lama yang sebelumnya sudah terpasang di Sekretariat KPUD

Mengawali percakapan yang hangat dan bersahabat, Arief menyampaikan, “Sesungguhnya PKS dan KPUD adalah mitra strategis untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas, transparan dan manusiawi”.

Lebih jauh Arief mengungkapkan bahwa PKS mendorong terwujudnya normalisasi pilkada, yakni tetap melaksanakan pilkada di 2022 dan 2023 serta pileg dan pilpres dilaksanakan di 2024. Hal ini untuk menghindari jadwal pemilu yang terlalu padat dan kompleks jika dilaksanakan secara serentak di tahun yang sama yang berpotensi menimbulkan beban kerja yang berlebihan bagi penyelenggara pemilu sebagaimana yang terjadi dalam pemilu 2019.

Selain berpotensi mengabaikan hak masyarakat untuk mendapatkan pimpinan daerah dari proses yang demokratis, pelaksanaan Pilkada, Pileg dan Pilpres serentak di tahun 2024 juga membuat proses demokrasi ini menjadi tidak manusiawi bagi penyelenggara pemilu, dimana beban kerja yang terlalu berat bahkan telah merenggut korban jiwa pada momen Pileg 2019. Kejadian yang dialami pada Pileg 2019 ini semaksimal mungkin harus dihindari karena secara moril dapat mencederai proses demokrasi itu sendiri.

Pada kesempatan yang sama Arief juga menyampaikan bahwa silaturrahim kebangsaan ini juga sekaligus sebagai sarana menyerap aspirasi dari KPUD, sehingga aspirasi yang disampaikan selanjutnya dapat diperjuangkan oleh Fraksi PKS di DPRD Kota Tangerang untuk memberikan daya dukung yang lebih baik bagi KPUD Kota Tangerang dalam melaksanakan tugasnya

Sementara pada kesempatan yang sama, Syailendra menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus PKS Kota Tangerang yang baru dan berharap semoga dengan kepengurusan yang baru ini PKS dan KPU dapat lebih bersinergi dan mengingatkan KPU agar selalu bekerja sesuai koridor regulasinya.

Syailendra juga mengapresiasi komitmen PKS dalam mengawal proses pemilu yang ditandai dengan lengkapnya data yang dimiliki PKS dalam setiap momen pemilu sebagai hasil dari keterpenuhan saksi PKS di hampir seluruh TPS yang ada, sehingga data PKS dapat dijadikan pembanding dari data KPUD.

“Sepertinya tahun 2021 ini ada banyak hal yang baru dari PKS. Tak hanya pengurus, tapi juga logonya ya?”, tanya Syailendra diiringi tawa renyahnya

Dengan sumringah Hilmi menjelaskan bahwa, “PKS saat ini berubah warna logonya dengan warna oranye yang melambangkan kehangatan, harapan dan keterbukaan”.

Di akhir kunjungan tak lupa, PKS Kota Tangerang memberikan cinderamata sebagai tanda terima kasih atas silaturahim yang telah terbina dengan sangat baik sampai hari ini.

(frz/aw)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Back to top button