Friday, June 18, 2021

Inilah Program Pendidikan Prabowo-Sandi

Tangerang Selatan– Dalam kampanye sehari di Kota Tangsel tersebut, Sandiaga Uno juga menyampaikan program pendidikan Prabowo Sandi. Menurutnya, kalau bangsa ini mau berdaya di ekonomi, menciptakan lapangan kerja yang berdaya saing, maka pendidikan harus kita rubah, pendidikan kita harus lebih berorientasi pada apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekarang.

“Kita ingin landasan utama pendidikan kita itu pendidikan akhlak, pendidikan moral karena yang kita lihat karakter bangsa ini seperti yang kita lihat seperti kriminalitas, juga narkoba ada di sekeliling kita,” ucapnya. Sabtu (20/10/2018)

Karakter bangsa yang seperti itu, menurut Sandiaga, bisa menghancurkan masa depan bangsa, merusak sendi-sendi kebangsaan kita. Ini yang akan menjadi pendekatan kita, pendidikan yang tuntas dan berkualitas dengan meningkatkan angka partisipasi murni, bukan hanya infrastruktur yang dibangun tapi juga SDM.

“Kompetisi dan kesejahteraan guru juga akan kita tingkatkan. Ini salah satu pendekatan yang holistik,” ucapnya.

Sohibul Iman menambahkan, pendidikan karakter sebenarnya bukan sesuatu yang baru, sebab di Undang-Undang  pasal 31 menjelaskan bahwa basis pendidikan bangsa Indonesia adalah moral, dan Prabowo Sandi ingin menjadi pihak terdepan untuk merealisasikan tujuan pendidikan itu.

Menurutnya, walaupun berbasis akhlak dan karakter bukan berarti dalam mengembangkan pendidikan ke depan itu  mengesampingkan kompetisi.

“Karena abad ke depan itu abad persaingan yang berbasis pada pengetahuan. Tapi kami punya prinsip ‘knowledge is power but caracter is more’ jadi memang pengetahuan itu menjadi kekuatan dan karakter itu jauh lebih kuat dari pengetahuan.

“Jadi tolong jangan dikotomi kan bahwa saat kita mengutamakan karakter kami juga mengutamakan kompetensi,” jelasnya.

TULISAN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Stay Connected

4,106FansLike
5,384FollowersFollow
2,464SubscribersSubscribe
- PKS Banten -spot_img

ARTIKEL TERBARU