Sunday, August 14, 2022

Ratusan Relawan PKS Banten Jalani Latsar Penanggulangan Bencana

Serang (08/01) — Ratusan Relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Banten menjalani Pelatihan Dasar (Latsar) penanggulangan bencana selama tiga hari, Jumat – Ahad (07-09/01/2022) di kawasan Persawahan Cikupa, Desa Kamasan, Cinangka, Kabupaten Serang.

Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Banten, Najib Hamas mengatakan, kader PKS di seluruh wilayah Banten dilatih untuk menjadi relawan siaga bencana.

Apalagi, lanjut Najib, Banten masih menjadi daerah yang rawan bencana. Karena di wilayah ini dekat dengan Selat Sunda yang memiliki potensi bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, dan banjir.

“Sehingga dibutuhkan keberadaan relawan siap siaga, agar penanganannya lebih cepat,” katanya usai membuka acara pelatihan penanggulangan bencana PKS Banten, Jumat (07/01).

Menurutnya, pelatihan relawan PKS penanggulangan bencana ini diikuti kader PKS dari delapan kota/kabupaten di Banten. Mereka disiapkan untuk memiliki keahlian yang dibutuhkan ketika terjadi bencana seperti tim evakuasi korban bencana, siaga dapur umum, trauma healing dan sebagainya.

“Dengan pelatihan selama tiga hari ini semoga para relawan PKS ini mampu memahami seluk beluk penanganan bencana, ” ujarnya.

Najib pun mengajak para Relawan PKS Banten harus mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan lembaga atau organisasi eksternal yang bergerak di bidang kebencanaan jika sewaktu-waktu ada kejadian bencana yang membutuhkan penanganan cepat.

Ketua Bidang Kepanduan DPW PKS Provinsi Banten, Nanang Hartono menjelaskan, dalam acara Latsar ini seluruh relawan PKS juga dimotivasi agar memiliki mental dan fisik yang tangguh, mengingat dalam penanganan kebencanaan, kedua hal tersebut menjadi syarat utama.

“Para relawan PKS juga dilatih memiliki keahlian membuat bivak dan survival. Sehingga ketika di lapangan menghadapi kondisi sulit, mereka bisa bertahan, ” ungkapnya.

Ketua Panitia acara, Zainul Bahri menambahkan, para peserta dibekali materi-materi baik teori maupun praktek yang diberikan instruktur berpengalaman, “Dengan harapan, para relawan PKS akan lebih siap ketika diterjunkan ke medan bencana, ” imbuhnya.*

TULISAN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Stay Connected

5,448FansLike
883FollowersFollow
5,553FollowersFollow
4,260SubscribersSubscribe
- PKS Banten -spot_img

ARTIKEL TERBARU