Saturday, November 27, 2021

BUMD Harus Fokus Bentengi Petani Dari Permainan Pasar

Kota Serang (8/02)-Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Banten Sanuji Pentamarta meminta supaya rencana Pemprov Banten yang akan mendirikan BUMD yang menangani usaha pertanian menjadi pusat distribusi pangan dan sebagai pilar induk dan bertujuan untuk mewujudkan perusahaan yang profesional sesuai tata kelola perusahaan yang baik.

Namun kedepan dibentuknya bumd pertanian pemprov harus tetap fokus pada tujuan awal yaitu  membentengi petani dari permainan pasar yang kerap merugikan petani.

Dengan dibentukanya BUMD Agrobisnis tersebut, diharapkan peran pemerintah daerah melalui perusahan tersebut dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.  Ujar Sanuji, Kamis (8/2/2018).

Pemprov Banten juga tidak hanya merencanakan pembentukan BUMD agrobisnis, tetapi perusahaan lainnya yang bergerak dalam berbagai bidang, seperti kontruksi dan Tanah dengan tujuan memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah. Namun Jangan sampai rencana tersebut nantinya justru malah menjadi beban anggaran daerah.

Menurut Wakil Ketua Komisi II DPRD Banten ini, dalam  kebijakan RPJMD  tahun 2017-2022 pemerintah provinsi Banten fokus terhadap keberlangsungan pembangunan pertanian.  Harapan mewujudkan pertanian yang maju dan tangguh tentu hanya akan menjadi wacana bila tidak ditunjang oleh sinergi menyeluruh tidak hanya sektor hulu tapi mencakup juga sektor hilir.

Artinya sinergi segala sektor, semua pelaku menjadi titik vital tercapai tujuan yang di idamkan bersama. Dimulai dari introduksi teknologi pada tahap produksi dan pengolahan, pascapanen, juga penguatan kelembagaan kelompok-kelompok tani harus menjadi fokus dari kebijakan terlebih terkait dengan distribusi hasil pengolahan.

Sinergi ini tentu juga harus didukung oleh keberpihakan baik itu eksekutif maupun legislatif, pendirian PT Agrobisnis yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian rakyat dan memperkuat pondasi daerah menjadi lumbung pangan di tingkat nasional. Tutup Sanuji

TULISAN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

Stay Connected

4,106FansLike
5,419FollowersFollow
3,004SubscribersSubscribe
- PKS Banten -spot_img

ARTIKEL TERBARU