PKS Adakan Program Pinjaman Usaha Mikro Tanpa Bunga

Kabupaten Tangerang. (14/3)-Untuk menggerakan perekonomian masyarakat Kabupaten tangerang Seksi Perempuan dan Ketahanan Keluarga (SPKK) memberikan bantuan dana bergulir untuk ibu- ibu yang memiliki usaha kecil.

Hal itu dikatakan anggota komisi III DPRD Provinsi Banten Tuti Rosita. Menurutnya kegiatan pinjaman dana bergulir sudah berjalan mulai sejak tahun 2011 yang lalu.

Kita memberikan pinjaman melalui kelompok usaha. Biasanya satu kelompok terdiri dari 8 (delapan) hingga 10 (sepuluh) orang. Dalam kelompok usaha tersebut memiliki 1 (satu) orang kordinator usaha.

Program tersebut merupakan program bidang perempuan PKS tingkat kecamatan yang tersebar di wilayah provinsi Banten. Ujar Tuti, saat melakukan pemberian bantuan program dana bergulir di Desa gebang Raya Kecamatan Periuk Kabupaten Tangerang, Selasa (14/3/2017).

Dana bantuan tersebut digunakan untuk menambah modal kerja terutama ibu-ibu yang bergerak pada usaha mikro. Ada yang jualan kue, nasi uduk, Sayur-mayur, es cendol, jualan gorengan, gado-gado dan lainya.

Menurutnya, dalam pinjaman tersebut tidak dikenakan bunga pinjaman karena ini murni untuk membantu pengembangan perekonomian masyarakat tingkat bawah. Ujar politisi Tuti yang juga politisi PKS ini.

Awalnya yang ingin pinjam modal, mereka hanya boleh meminjam sebesar 300 ribu hingga 500 ribu perorang. Jika lancar mengembalikannya, pinjaman berikutnya mereka boleh meminjam sebesar 1 (satu) juta. Ujar Tuti.

Mereka hanya mengembalikan pinjaman pokok dengan cara mencicil setiap sepekan atau ada juga yang mencicil 2 (dua) pekan sekali.

Dalam mengembalikan pinjaman kita juga sambil mengajarkan baca tulis Al-qur’an melalui relawan yang kita miliki. Jadi sekalian sebagai sarana pembelajaran bagi ibu-ibu yang kurang lancar membaca al-qur’an.

Tuti berharap program pinjaman dana bergulir tersebut dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat bawah di provinsi Banten. Selain itu juga dapat menambah pendapatan penghasilan suami mereka, ujarnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*